Postingan

PENDIDIKAN BERPIHAK PADA ANAK

Gambar
REFLEKSI FILOSOFI PENDIDIKAN KI HADJAR DEWANTARA  TENTANG PENDIDIKAN YANG BERPIHAK PADA ANAK OLEH: YUNINGSIH GURU SMPN 2 PEBAYURAN   PESERTA PGP ANGKATAN 8 DARI KABUPATEN BEKASI- JAWA BARAT     Pendidikan merupakan suatu hal yang penting dalam kehidupan. Pendidikan menentukan masa depan dan arah tujuan hidup seseorang.  Pendidikan menurut Wikipedia merupakan pembelajaran pengetahuan, keterampilan serta kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari suatu generasi ke generasi selanjutnya melalui pengajaran, penelitian serta pelatihan. Sedangkan Pendidikan menurut KBBI adalah proses mengubah sikap dan tata laku seseorang ataupun kelompok dalam upaya mendewasakan manusia melalui sebuah pengajaran maupun pelatihan. Raden Mas Suwardi Suryaningrat atau Ki Hadjar Dewantara   adalah tokoh bangsawan yang menjadi pelopor pendidikan.   Beliau dianugerahi gelar Bapak Pendidikan Nasional oleh presiden Sukarno dan tanggal lahirnya 2 Mei   diperingati menjadi hari Pendidikan Nasional

KAMU YANG MENUNGGU.

Gambar
Sejak dulu hobyku menulis. Tapi anehnya aku seperti tak punya waktu untuk menyalurkan hobyku. Namun saat pandemi melanda tanah air, aku jadi punya kesempatan untuk itu.  Kehadiranmu menjadi media untuk menyalurkan hasraku, tempat menyalurkan unek-unekku, menemani kesendirian dan mengisi kesepianku. Aku merasa terhibur saat bersamamu. Kamu menemani hari-hari sepiku. Aku bisa  menuangkan semua ideku, harapanku, bahkan khayalanku. Aku  tidak pernah melewatkan hari tanpa kamu. Namun belakangan ini semenjak pandemi di nyatakan berakhir, aku kembali dengan kesibukanku.  Kamu aku biarkan menunggu. Aku serasa tak punya waktu untuk kamu. Padahal begitu banyak yang ingin ku bagi bersamamu. Ada banyak cerita yang ingin kusampaikan. Sesuatu yang membuat hidupku berwarna, kebahagianku, kesibukanku, khayalan-khayalanku dan semua hal yang membuatku terus bersemangat.  Aku juga ingin bercerita tentang lelahku, kesedihanku, kebingunganku dan juga keherananku saat ini. Mungkin inilah saatnya aku kembali

TANGIS DI REST AREA KM 97 (bag.2)

Gambar
  Kania berjalan mengikuti langkah gadis di depannya. Matanya menatap jalan yang di lalui. Ada yang aneh saat dia melewati mesjid. Biasanya Kania memilih jalan ke kiri menuju keluar rest area, jalannya lumayan besar cukup untuk dua mobil kecil. Tapi yang dia lihat  hanya jalan setapak menuju sebuah perkampungan. Setelah melewati mesjid, Kania berhenti dan mencoba melihat ke belakang. Betapa terkejutnya Kania, di belakangnya tak terlihat apapun semuanya gelap. Kania kembali membalikan tubuhnya. Gadis kecil itu sudah berada jauh di depannya. Kania berlari mengejar dan berjalan di sampingnya. Tiba di suatu tempat terlihat cahaya lampu dari kejauhan. Langkah gadis kecil semakin cepat, sepertinya gadis itu ingin segera sampai di rumah. Rumah-rumah di perkampungan itu terlihat begitu sederhana. Rumah panggung yang terbuat dari bambu. Sungguh sesuatu yang pemandangan menarik dan mengherankan bagi Kania.  Gadis itu berhenti di gerbang sebuah rumah. Gerbang terbuat dari pagar bambu yang tinggin

TANGIS DI REST AREA KM 97 CIPULARANG

Gambar
Malam itu Nadia bergegas meninggalkan toko yang biasa menjual e'toll. Pelayan bilang jaringan sedang offline dan akan di buka pada jam 1 malam. Saat ini sudah hampir jam 12. Nadia kebingungan saldo e'tool tidak cukup untuk transaksi, tapi dia tidak bisa melakukan apa-apa kecuali pasrah jika nanti petugas Toll memarahinya. Sebelum ke parkiran Nadia berbelok ke toilet. Hendak membasuh tangan dan wajahnya yang terasa kering karena udara yang cukup dingin malam itu. Sesampai di toilet dia membuka keran dan mulai membasuh tangan dan mukanya. Air dalam keran terasa hangat mungkin karena udara dingin di luar sana yang menusuk kulit. Setelah puas membasuh wajahnya, Nadia menutup keran, tapi air dikeran terus menetes. Nadia membuka dan menutupnya kembali dengan perlahan, namun air tetap menetes. Nadia kembali membuka dan menutupnya hingga berkali-kali, air tetap saja menetes. Dan untuk kesekian kalinya dia menutupnya dengan keras. Dan betapa terkejutnya dia saat mendengar suara berdengu

NICKHO

Gambar
Setiap anak adalah pribadi yang unik. Meskipun dalam proses perkembangannya terdapat banyak kesamaan, namun tetap akan memiliki keunikan tersendiri. Begitu juga dengan kemampuan. Setiap anak memiliki kapasitas yang berbeda. Perbedaan inilah yang wajib disadari oleh orang tua dan pendidik agar mutiara yang terpendam  dalam setiap anak  tumbuh dan berkilau. Berjalan memasuki ruang kelas untuk yang pertama kali membuat saya bahagia. Setelah 2 tahun lebih melaksanakan pembelajaran daring, akhirnya pemerintah menetapkan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT)  proses belajar mengajar yang dilakukan secara langsung antara siswa dan guru di sekolah. Ada rasa haru melihat anak-anak kembali  bercengkrama, tertawa, bercanda dan berlari di selasar kelas. Merangkai kenangan indah, yang kelak akan mereka kenang. Untuk memastikan anak tetap aman, sekolah menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Dengan tujuan menghindari penyebaran virus covid-19 di lingkungan sekolah. Berdiri dan mengajar dihadapan

MENGETAHUI BAKAT DAN MINAT SISWA

Gambar
MENGETAHUI BAKAT DAN MINTA SISWA Perkembangan yang pesat terhadap teknologi dan ilmu pengetahuan membawa dampak disetiap sendi-sendi kehidupan. Begitu juga dengan dunia Pendidikan. Perubahan dan penyesuaian terus dilakukan. Termasuk perubahan kurikulum. Dari kurikulum KBK, kurikulum KTSP, kurikulum 2013 sampai kurikulum merdeka.  Perubahan ini dilakukan  untuk melengkapi kekurangan sebelumnya dengan harapan mampu meningkatkan kwalitas pendidikan. terbaru saat ini adalah kurikulum merdeka belajar. Kurikum ini diharapkan bisa diterapkan oleh semua satuan pendidikan di Indonesia pada tahun 2024. Pada kurikulum ini dikenal istilah merdeka belajar dan merdeka mengajar. Apa maksud dari istilah tersebu? Lalu apa yang harus disiapkan untuk melaksanakan kurikulum merdeka?   Menurut BSNP atau badan Standar nasional Pendidikan,  Kurikulum Merdeka Belajar  adalah suatu kurikulum pembelajaran yang mengacu pada pendekatan bakat dan minat. Sedangkan  Merdeka Belajar  adalah suatu pendekatan dimana si

PASAR BEBAS

Gambar
 D. Pasar Bebas Pasar bebas atau globalisasi ekonomi:  Merupakan suatu proses kegiatan ekonomi dan perdagangan, dimana negara-negara di seluruh dunia menjadi satu kekuatan pasar yang semakin terintegrasi dengan tanpa rintangan batas teritorial negara.  P asar bebas mengharuskan penghapusan seluruh batasan dan hambatan terhadap arus modal. Dimana pemerintah memberikan kebijakan untuk tidak melakukan diskriminasi terhadap import atau ekspor dan u ntuk mengurangi hambatan perdagangan terkait tarip dan pajak' Dampak positif pasar bebas: Kegiatan produksi dalam negeri meningkat secara kualitas dan kuantitas Mendorong pertumbuhan ekonomi negara, pemerataan pendapatan masyarakat dan stabilitas ekonomi nasional Menambah devisa negara dari bea masuk dan pajak Mendorong kemajuan iptek Melalui import kebutuhan dalam negri dapat terpenuhi Memperluas lapangan kerja dan kesempatan masyarakat untuk bekerja Mempererat hubungan persaudaraan dan kerjasama antar negara Dampak negartif pasar bebas: Ba