Postingan

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 2.1

Gambar
  PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MODUL 2.1   Dalam melaksanakan tugasnya   menuntun anak menuju tujuan hidup, seorang guru terkadang menghadapi suatu kondisi dimana anak mengalami kesulitan dalam belajar, suasana belajar yang kurang mendukung, atau masalah keluarga yang mempengaruhi prestasi dan perilaku anak.   Masalah-masalah itu jika tidak segera di atasi akan berdampak pada pencapaian tujuan pembelajaran. Penting bagi seorang guru untuk mengenal siswa secara individual, hal ini dilakukan untuk mengetahui kebutuhan belajar anak. ·         Pembelajaran Berdifferensiasi Untuk memenuhi kebutuhan belajar anak,   guru melakukan suatu Tindakan agar mampu mengakomodir kebutuhan tersebut. Pembelajaran Differensiasi merupakan pembelajaran yang dilakukan oleh guru, dimana siswa dapat mempelajari materi pembelajaran sesuai dengan kemampuannya. Hal ini dilakukan untuk memberi keleluasaan kepada anak dalam memaksimalkan potensinya ...

Modul 2.1 Pembelajaran Diferensiasi

Gambar
  GURU DAN ASSESMENT DIAGNOSTIK Oleh: Yuningsih, CGP Angkatan 8 kab. Bekasi Menjadi seorang guru sepertinya mudah, tinggal datang ke kelas, mengajarkan materi pelajaran, membuat evaluasi lalu memberi nilai. Tugasnya ringan, apalagi jika   murid-muridnya anak-anak TK atau SD, tinggal dikasih pelajaran nyanyi dan sedikit tarian pasti mereka senang dan mengikuti apa yang di inginkan gurunya. Pendapat seperti itu pernah saya lontarkan dulu, Ketika belum terjun ke dunia pendidikan. Sekarang Ketika sudah terjun langsung ke dunia Pendidikan ternyata tidak semudah yang saya bayangkan. Banyak hal yang terjadi pada anak-anak.   Dan apabila tidak segera ditangani maka masa depan anan-anak dan juga negara ini akan dipertaruhkan. Begitu banyak permasalahan yang harus dihadapi seorang guru. Tanggungjawab yang besar ada dipundaknya, Ketika kemampua n dan karakter anak dipertanyakan, gurulah yang selalu di salahkan. Permasalahan itu antara lain: karakter anak yang berbeda-beda, ...

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 3.1

Gambar
  PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERBASIS NILAI-NILAI KEBAJIKAN SEBAGAI PEMIMPIN Oleh: Yuningsih CGP Angkatan 8 kab. Bekasi Pendidikan menurut KHD adalah tuntunan. Dimana seorang guru hendaknya menuntun anak menuju tujuannya. Guru mengarahkan, membimbing dan mendukung siswa dalam pembelajaran sesuai dengan bakat dan minatnya. Adapun tujuannya adalah untuk mengenali dan mengembangkan potensi yang mereka miliki sehingga bermanfaat untuk kehidupannya kelak. Selain itu mereka juga dibekali pengembangan  karakter agar  menjadi pribadi yang mandiri, berpikir kritis, berjiwa social serta yang paling penting adalah memiliki keimanan. KHD dengan filosofi Pratap Triloka   dimana guru sebagai pemimpin pembelajaran hendaknya memberikan suri tauladan   (Ing Ngarso sung tuloda) membangun kemauan (Ing madya mangun karso) dan memberikan dukungan (Ing Madya mangunkarso)   kepada siswa agar mampu menerapkan nilai-nilai baik   untuk dikembangkan menjadi budaya positif di se...

SEGITIGA RESTITUSI

Gambar
  SKENARIO PRAKTIK SEGITIGA RESTITUSI Oleh: Yuningsih, CGP angkatan 8 kab. Bekasi Membuat skenario Segitiga Restitusi merupakan materi yang ada di LMS pada modul 1.4 tentang budaya positif. Dimana calon guru penggerak (CGP) menyiapkan kasus siswa yang melanggar aturan dan membuat scenario untuk memperbaiki kesalahan tersebut sehingga siswa bisa Kembali pada kelompoknya dengan karakter yang lebih kuat. Segitiga restitusi adalah dialog yang dijalankan oleh guru atau orang tua agar dapat menghasilkan murid yang mandiri dan bertanggung jawab. Segitiga restitusi sendiri memiliki 3 langkah yaitu:       Menstabilkan identitas (Stabilize the Identity)       Validasi Tindakan yang salah (Validate the misbehaviour)       Menanyakan keyakinan (seek the Believe) Contoh skenario praktik segitiga restitusi bisa menjadi referensi bagi calon guru penggerak saat akan mengerjakan tugas demonstrasi kontekstual di modul 1.4. Demonstrasi kontekst...

VISI GURU PENGGERAK

Gambar
  VISI GURU PENGGERAK DALAM MENUMBUHKEMBANGKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA Oleh: Yuningsih CGP Angkatan 8  Kabupaten Bekasi “ Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntuntumbuhnya   kodrat itu.” (Ki Hajar Dewantara) Jika berbicara tentang Visi langsung terbayang sesuatu tentang gambaran situasi di masa depan. Suatu cita-cita ideal yang bersifat jangka panjang jauh ke depan dan mengandung makna yang amat dalam yang kemudian berfungsi sebagai arah pandang ke mana suatu kegiatan akan diarahkan. Visi seorang guru, akan berkaitan dengan bagaimana seorang guru membawa dan mengarahkan Pendidikan murid-muridnya. Visi ini menjadi acuan penting dalam melangkah dan memerankan seorang guru dalam menghadapi dan mengarahkan murid-muridnya di kelas. Visi saya sebagai seorang guru adalah menjadikan anak-anak cerdas, bertanggung jawab, memiliki karakter mulia dan terintegrasi dengan kearifan lokal . Visi ini terlihat sempurna namun sulit...

Peran dan nilai guru penggerak

Gambar
PERAN DAN NILAI GURU PENGGERAK  DALAM MEWUJUDKAN TUJUAN PEMBELAJARAN  Oleh: Yuningsih  CGP angkatan 8 kab. Bekasi Bicara tentang peran dan nilai guru penggerak tidak terlepas dari tugas guru dan tujuan pembelajaran. Ada tiga kompetensi yang harus tercapai yaitu pengetahuan, keterampilan dan sikap. Untuk mengetahui keberhasilan guru dalam proses pembelajaran maka   guru harus melakukan penilaian untuk tiga kompetensi tersebut. Pengetahuan (Knowledge) berkaitan dalam bidang kognitif, bagaimana seorang anak mampu mempelajari suatu objek serta kejadian-kejadian yang ada disekitarnya. Proses pembelajaran yang dilalui meliputi: pemahaman, imajinasi, penangkapan makna, penilaian dan penalaran. Keterampilan (Psikomotorik) yang berkaitan dengan kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu. Bagian ini berhubungan dengan aktifitas fisik misalnya: lari, melompat, menari, melukis dan lain-lain. Sikap (Afektif) yaitu kemampuan seseorang yang berka...