VISI GURU PENGGERAK
VISI GURU PENGGERAK DALAM
MENUMBUHKEMBANGKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA
“Anak-anak
hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri.
Pendidik hanya dapat merawat dan menuntuntumbuhnya kodrat itu.”
(Ki Hajar Dewantara)
Jika berbicara tentang Visi langsung terbayang sesuatu tentang gambaran
situasi di masa depan. Suatu cita-cita ideal yang bersifat jangka panjang jauh
ke depan dan mengandung makna yang amat dalam yang kemudian berfungsi sebagai
arah pandang ke mana suatu kegiatan akan diarahkan.
Visi seorang guru, akan berkaitan dengan bagaimana seorang guru membawa
dan mengarahkan Pendidikan murid-muridnya. Visi ini menjadi acuan penting dalam
melangkah dan memerankan seorang guru dalam menghadapi dan mengarahkan murid-muridnya
di kelas.
Visi saya sebagai seorang guru adalah menjadikan anak-anak cerdas, bertanggung jawab, memiliki karakter mulia dan terintegrasi dengan kearifan lokal . Visi ini terlihat sempurna namun sulit untuk di realisasi, jika guru bergerak sendiri. Dukungan orang tua, pimpinan dan semua pihak sangat di perlukan dalam pencapaian Visi ini.
Yang membuat saya memilih visi diatas adalah saya yakin setiap anak
memiliki kecerdasannya masing-masing. Mereka tidak bisa dibandingkan satu
dengan yang lainnya. Guru cukup mengarahkan dan menunjukan dimana kecerdasan
anak yang paling dominan. Setelah itu mengembangkannya dan mengarahkannya
sesuai dengan minat dan bakatnya.
Mengapa saya memilih visi diatas? Ada yang istimewa dari sekolah tempat
saya bekerja. Sekolah kami memiliki anak-anak hebat yang mempunyai semangat
untuk berkembang, kreatifitas mereka muncul saat mereka terlibat dalam berbagai
kegiatan. Semangat mereka untuk menjadi yang terbaik adalah pemicu mereka untuk
belajar.
Untuk mewujudkan kreatifitas dan semangat mereka, sekolah berusaha memfasilitasi
semua yang menjadi kebutuhannya. Menyediakan sarana dan prasarana yang mereka
perlukan. Jika sarana yang dibutuhkan
tidak tersedia saya mencari alternatif lain dengan memanfaatkan lingkungan
sekitar sebagai sarana untuk belajar. Sederhana namun tetap memberi pengalaman
belajar yang bermakna.
Jika dikaitkan dengan profil pelajar Pancasila maka karakter mulia yang dimaksud merujuk kepada ciri karakter dan kompetensi yang diharapkan untuk diraih. Pelajar yang memiliki Profil Pancasila memiliki keutuhan 6 dimensi yang membentuk profil tersebut, 6 dimensi ini adalah:
- Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia,
- Mandiri,
- Bergotong-royong,
- Berkebinekaan global,
- Bernalar kritis,
- Kreatif.
Untuk mewujudkan Visi diatas, saya berusaha mengenali dan menjalankan profil ini terlebih dahulu. Dengan menjalankan profil ini, anak-anak akan lebih mudah untuk mengikuti Keteladanan. Mereka akan melihat, kemudian dipelajari dan meniru sikap-sikap yang mencerminkan profil pelajar Pancasila dari ibu/bapak guru di sekolah.
Komentar
Posting Komentar