VISI GURU PENGGERAK

 

VISI GURU PENGGERAK DALAM
MENUMBUHKEMBANGKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

Oleh: Yuningsih CGP Angkatan 8 Kabupaten Bekasi

Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri.
Pendidik hanya dapat merawat dan menuntuntumbuhnya kodrat itu.”

(Ki Hajar Dewantara)

Jika berbicara tentang Visi langsung terbayang sesuatu tentang gambaran situasi di masa depan. Suatu cita-cita ideal yang bersifat jangka panjang jauh ke depan dan mengandung makna yang amat dalam yang kemudian berfungsi sebagai arah pandang ke mana suatu kegiatan akan diarahkan.

Visi seorang guru, akan berkaitan dengan bagaimana seorang guru membawa dan mengarahkan Pendidikan murid-muridnya. Visi ini menjadi acuan penting dalam melangkah dan memerankan seorang guru dalam menghadapi dan mengarahkan murid-muridnya di kelas.

Visi saya sebagai seorang guru adalah menjadikan anak-anak cerdas, bertanggung jawab, memiliki karakter mulia dan terintegrasi dengan kearifan lokal . Visi ini terlihat sempurna namun sulit untuk di realisasi, jika guru bergerak sendiri. Dukungan orang tua, pimpinan dan semua pihak sangat di perlukan dalam pencapaian Visi ini.

Yang membuat saya memilih visi diatas adalah saya yakin setiap anak memiliki kecerdasannya masing-masing. Mereka tidak bisa dibandingkan satu dengan yang lainnya. Guru cukup mengarahkan dan menunjukan dimana kecerdasan anak yang paling dominan. Setelah itu mengembangkannya dan mengarahkannya sesuai dengan minat dan bakatnya.

Mengapa saya memilih visi diatas? Ada yang istimewa dari sekolah tempat saya bekerja. Sekolah kami memiliki anak-anak hebat yang mempunyai semangat untuk berkembang, kreatifitas mereka muncul saat mereka terlibat dalam berbagai kegiatan. Semangat mereka untuk menjadi yang terbaik adalah pemicu mereka untuk belajar.

Untuk mewujudkan kreatifitas dan semangat mereka, sekolah berusaha memfasilitasi semua yang menjadi kebutuhannya. Menyediakan sarana dan prasarana yang mereka perlukan.  Jika sarana yang dibutuhkan tidak tersedia saya mencari alternatif lain dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sarana untuk belajar. Sederhana namun tetap memberi pengalaman belajar yang bermakna.

Jika dikaitkan dengan profil pelajar Pancasila maka karakter mulia yang dimaksud merujuk kepada ciri karakter dan kompetensi yang diharapkan untuk diraih. Pelajar yang memiliki Profil Pancasila memiliki keutuhan 6 dimensi yang membentuk profil tersebut, 6 dimensi ini adalah: 

  1.       Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia,
  2.       Mandiri,
  3.       Bergotong-royong,
  4.       Berkebinekaan global,
  5.       Bernalar kritis,
  6.       Kreatif.

Untuk mewujudkan Visi diatas,  saya berusaha mengenali dan menjalankan profil ini terlebih dahulu. Dengan  menjalankan profil ini, anak-anak akan  lebih mudah untuk mengikuti Keteladanan. Mereka akan melihat,  kemudian dipelajari dan meniru sikap-sikap yang mencerminkan profil pelajar Pancasila dari ibu/bapak guru di sekolah.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

A. MENGENAL NEGARA-NEGARA ASEAN

SEGITIGA RESTITUSI