EKONOMI KREATIF
B. Ekonomi Kreatif
Kreatifitas adalah kemampuan
seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik itu berupa gagasan maupun
karya nyata yang relatif berbeda dengan sebelumnya.
Ekonomi kreatif adalah pengembangan
konsep yang berlandaskan sumber aset kreatif yang mampu meningkatkan
pertumbuhan potensi ekonomi.
Sektor Ekonomi Kreatif:
- Periklanan
- Permainan interaktif
- Arsitektur
- Seni pertunjukan
- Pasar barang seni
- Penerbitan dan percetakan
- Kerajinan
- Layanan komputer dan peranti lunak
- Desain
- Musik
- Fashion
- Televisi dan radio
- Video
- Riset dan pengembangan
Upaya/strategi meningkatkan ekonomi kreatif:
- Menyiapkan insentif untuk memacu pertumbuhan industri kreatif berbasis budaya
- Membuat roadmaf industri kreatif yang melibatkan berbagai lembaga pemerintah dan kalangan swasta
- Membuat program komprehensif untuk menggerakan industri kreatif melalui pendidikan, pengembangan SDM, desain mutu dan pengembangan pasar
- Memberikan perlindungan hukum dan insentif bagi karya industri kreatif.
- Membentuk
indonesia creative council yang menjadi jembatan untuk menyediakan fasilitas
bagi para pelaku industri kreatif.
Langkah mewujudkan ekonomi kreatif
- Pengembangan database ekonomi kreatif indonesia yang didukung dengan teknologi informasi
- Peningkatan penggunaan teknologi melalui program kemitraan
- Pekan produk kreatif indonesia (PPKI)
- Festival ekonomi kreatif
- Wahana kreatif
- Peningkatan jangkauan dan efektivitas pemasaran
- Riset ekonomi kreatif dan fasilitas pemberian insentif yang mendukung inovasi
- Fasilitas kegiatan yang mendorong lahirnya insan kreatif dan entrepreneur kratif baru
- Kegiatan fasilitas kegiatan yang mendorong lahirnya insan kreatif dan entrepreneur
- Penciptaan identitas lokal daerah tingkat I dan II serta Identitas Nasional.
Bila dilihat dari cakupannya, ekonomi kreatif merupakan sektor ekonomi yang tidak membutuhkan skala produksi dalam jumlah besar. Industri kreatif lebih bertumpu pada kwalitas sumber daya manusia. Industri kreatif lebih banyak muncul dari kelompok industri kecil menengah.
Dalam usaha meningkatkan ekonomi kreatif perlu adanya kerjasama antara pemerintah dan para pendukung ekonomi kreatif. Karena sasaran ekonomi kreatif kebanyakan dari kelompok industri kecil dan menengah maka produk yang dihasilkan tidak banyak. Namun mampu memberikan kontribusi positif dan bermanfaat untuk:
- Bisnis UKM makin berkembang. Hal ini karena UKM bergerak di bidang industri kreatif
- Mengurangi tingkat kemiskinan
- Mengurangi tingkat pengangguran.
Komentar
Posting Komentar