EKONOMI KREATIF

 B. Ekonomi Kreatif



Kreatifitas adalah kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik itu berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan sebelumnya.

Ekonomi kreatif adalah pengembangan konsep yang berlandaskan sumber aset kreatif yang mampu meningkatkan pertumbuhan potensi ekonomi.

Sektor Ekonomi Kreatif:

  1. Periklanan
  2. Permainan interaktif
  3. Arsitektur 
  4. Seni pertunjukan
  5. Pasar barang seni  
  6. Penerbitan dan percetakan
  7. Kerajinan              
  8. Layanan komputer dan  peranti lunak
  9. Desain                             
  10. Musik
  11. Fashion                             
  12. Televisi dan radio
  13. Video                               
  14. Riset dan pengembangan 

Upaya/strategi meningkatkan ekonomi kreatif:

  1. Menyiapkan insentif untuk memacu pertumbuhan industri kreatif berbasis budaya
  2. Membuat roadmaf industri kreatif yang melibatkan berbagai lembaga pemerintah dan kalangan swasta
  3. Membuat program komprehensif untuk menggerakan industri kreatif melalui pendidikan, pengembangan SDM, desain mutu dan pengembangan pasar
  4. Memberikan perlindungan hukum dan insentif bagi karya industri kreatif.
  5. Membentuk indonesia creative council yang menjadi jembatan untuk menyediakan fasilitas bagi para pelaku industri kreatif. 

Langkah mewujudkan ekonomi kreatif

  1. Pengembangan database ekonomi kreatif indonesia yang didukung dengan teknologi informasi
  2. Peningkatan penggunaan teknologi melalui program kemitraan
  3. Pekan produk kreatif indonesia (PPKI)
  4. Festival ekonomi kreatif
  5. Wahana kreatif
  6. Peningkatan jangkauan dan efektivitas pemasaran
  7. Riset ekonomi kreatif dan fasilitas pemberian insentif  yang mendukung inovasi 
  8. Fasilitas kegiatan yang mendorong lahirnya insan kreatif dan entrepreneur kratif baru
  9. Kegiatan fasilitas kegiatan yang mendorong lahirnya insan kreatif dan entrepreneur
  10. Penciptaan identitas lokal daerah tingkat I dan II serta Identitas Nasional.
Bila dilihat dari cakupannya, ekonomi kreatif merupakan sektor ekonomi yang tidak membutuhkan skala produksi dalam jumlah besar. Industri kreatif lebih bertumpu pada kwalitas sumber daya manusia. Industri kreatif lebih banyak muncul dari kelompok industri kecil menengah. 

Dalam usaha meningkatkan ekonomi kreatif perlu adanya kerjasama antara pemerintah dan para pendukung ekonomi kreatif. Karena sasaran ekonomi kreatif kebanyakan dari kelompok industri kecil dan menengah maka  produk yang dihasilkan tidak banyak. Namun mampu memberikan kontribusi positif dan bermanfaat untuk:
  1. Bisnis UKM makin berkembang. Hal ini karena UKM bergerak di bidang industri kreatif
  2. Mengurangi tingkat kemiskinan
  3. Mengurangi tingkat pengangguran.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

A. MENGENAL NEGARA-NEGARA ASEAN

SEGITIGA RESTITUSI