Pertemuan Mamah dengan Vira (Bag.2)

 

Vira sudah bersiap menunggu kedatangan Reihan. Matanya menatap cermin. Dia tidak ingin ada yang kurang dalam penampilannya. Sesekali dilihat jam ditangan. Vira nampak gelisah. 

“Jam berapa Reihan kesini Vir..?” Tanya ibu sambil duduk disamping tempat tidur.

“Katanya Jam 9 pagi ini, sekarang baru jam 8 lebih, masih satu jam lagi bu..” jawab Vira sambil menyisir rambutnya.

“Kamu sudah siap untuk bertemu mamahnya Reihan?”

“Entahlah bu… hari ini untuk pertamakalinya Vira menemui mamahnya Reihan, Vira takut bu…”

“Takut apa?”

“Takut kalau mamahnya tidak menerima Vira.”

“Kamu anak Ibu yang baik dan cantik, mamahnya Reihan pasti suka dengan kamu.” Kata ibu sambil tersenyum

“Waktu pertama ibu dikenalkan oleh bapak ke orangtuanya, Ibu juga grogi, yang penting jaga sikap dan  jangan sampai berkata jelek atau tidak sopan”.

“Ya bu.”

“Ya sudah ibu ke depan dulu, kamu siap-siap saja.”

Ibu keluar dari kamar. Vira kembali menatap cermin. Entah mengapa hatinya ragu. Dia sama sekali belum bertemu dengan orangtuanya Reihan. Bisakah dia mengambil hati keluarganya ?.

Suara mobil terdengar di depan, Vira segera berdiri, dia yakin itu Reihan. Dibukanya pintu. Reihan nampak keluar dari mobil. Vira menyambutnya dengan senyum.

“Hai… sudah siap?” tanya Reihan sambil menatap Vira.

Vira hanya mengangguk.

“Pamit dulu sama Ibu yah. Kamu tunggu disini biar aku panggil ibu.”

Vira segera ke belakang mencari ibu. Reihan terduduk, ada ragu dihatinya seandainya Vira tahu keadaan keluarganya dan tahu kalau papahnya punya dua istri, mungkinkah Vira bisa menerimanya?

“Sudah lama nak..?” tanya Ibu mengejutkan Reihan.

“Baru saja bu…” Reihan nampak gugup lamunannya langsung buyar.

“Bu… saya mau mengajak Vira ke rumah, Mamah ingin kenal sama Vira.” lanjut Reihan matanya melirik Vira yang keluar sambil membawa minuman.

“Silahkan,  nak Reihan minum dulu yah..!”

Ibu menyodorkan minuman yang di bawa Vira. Reihan meminumnya. Hatinya masih saja gelisah. Namun dia berusaha untuk tenang.

“Ibu biar tidak terlalu siang saya sama Vira berangkat dulu.”

“Silahkan hati-hati dijalan….!”

Vira pamit, Reihan segera menyalakan mobil dan berangkat. Sesaat  mereka terdiam. Mereka sibuk dengan pikirannya masing-masing.

“Vir… kamu diam saja ada apa?” tanya Reihan sambil melirik gadis disampingnya.

“Kamu sendiri diam, ada apa?” Vira malah balik bertanya.

Reihan menarik napas panjang. Sudah saatnya dia menceritakan tentang keluarganya. Vira harus tahu, dan Reihan harus mengatakannya sebelum orang lain.

“Vir… ada yang ingin aku ceritakan tentang keluargaku…”

Reihan berhenti sejenak ada sesuatu di kerongkongan yang membuatnya ragu untuk bicara. Vira menatap Reihan.

“Ada apa? Ceritakan saja..”

Reihan menarik napas panjang.

“Kenapa..? kamu ragu mengenalkan aku sama Mamah?” tanya Vira

“Bukan itu..aku justru ragu apakah kamu masih mau sama aku kalau aku cerita tentang keluargaku?”

“Memangnya keluargamu kenapa?” Vira penasaran

“Begini, aku punya kakak namanya Tiara dia sudah menikah dan punya anak satu…. “ Reihan mulai bercerita.

“Aku tahu… kamu malah sudah menunjukan photonya waktu itu.” Vira tersenyum.

“Oh… sudah ku ceritakan yah..?” Reihan tersenyum

“Ya… kamu sudah sering cerita kakak sama mamahmu, tapi aku tidak pernah dengar cerita tentang Papahmu..?”

“Papahku masih ada…”

Reihan kembali ragu untuk menceritakan keadaan papahnya.

“Ya.. aku tahu, maksudku kamu jarang cerita tentang Papahmu, Ayahku sudah meninggal tapi aku masih suka mengenangnya bahkan sering cerita sama kamu waktu ayah masih hidup.”

“Kamu sangat mencintai ayahmu kan?” tanya Reihan.

“Tentu saja memangnya kamu tidak mencintai Papahmu?” Vira mengernyitkan dahinya.

“Aku mencintai Papah tapi tidak sebesar cintamu sama Ayah.”

“Kenapa?”

“Papahku punya dua istri, kalo aku jadi Papah aku tidak akan menduakan Mamah, Mamahku sangat mencintai Papah, dia rela dimadu karna tidak ingin kehilangan Papah.”

Vira terkejut, ditatapnya Reihan. Raut wajah Reihan tampak tegang matanya memandang lurus ke depan.

“Tante Rani sekretaris Papah sudah menggodanya hingga Papah jatuh hati dan diam-diam menikahinya, aku baru tahu kalau papah sudah menikah dengan tante Rani dari kak Tiara, dan kini mereka sudah punya satu anak dari hasil perkawinannya.”

Vira semakin terkejut. Tante Rani bukankah itu nama kakaknya? Tapi bukankah nama Rani itu banyak.

“Sabar ya Rei… mungkin itu jalan yang harus di tempuh Mamah, kalau boleh tahu siapa nama Papahmu?”

“Papahku Farid dan Mamahku Yeni, kenapa..? nama Papahmu sama dengan nama ayahmu?” Reihan tersenyum melirik Vira.

Vira hanya terdiam, dia mulai berpikir jangan-jangan Papahnya Reihan suami dari kakaknya. Namun segera ditepisnya pikiran itu, nama Farid itu banyak.

“Kamu kaget yah… aku janji kalau aku menikahimu tidak akan menduakanmu, aku sudah merasakan penderitaan Mamah dan aku tidak ingin melukai orang yang aku cintai.” lanjut Reihan.

“Sungguh…?” Vira menatap Reihan.

“Aku janji..”

Reihan mengacungkan dua jarinya. Vira hanya tersenyum. Tidak terasa mereka sudah sampai di depan rumah. Vira segera turun. Reihan mengajaknya masuk. Dengan ragu-ragu vira melangkah.

Vira mulai gelisah, cerita Reihan tentang Papah mengganggu pikirannya. Dia berharap Pak Farid Papahnya Reihan bukan suami dari kakaknya.

“Tunggu di sini yah, aku panggil Mamah..”

Vira hanya mengangguk. Ditatapnya lukisan yang ditempel di dinding, kemudian beralih ke pojok ruangan sebuah pas bunga dengan bunga yang masih nampak segar.

“Sudah lama nak..?” seseorang mengejutkannya.

Vira segera mengalihkan pandangannya. Seorang perempuan yang sudah dikenalnya terlihat berjalan bersama Reihan. Vira mulai gemetar. Dia tidak mungkin lupa dengan wanita cantik di samping Reihan.

“Seneng sekali bisa ketemu Vira, Reihan sering bercerita ternyata benar kamu memang sangat cantik…” Mamah tersenyum dan memeluk Vira.

“Iya dong Mah… Reihan gak salah pilih kan Mah..?” Reihan mengengam tangan Vira wajahnya nampak bahagia.

Vira menatap Mamah. Dia yakin itu istrinya pak farid tapi mengapa dia bersikap seolah tidak mengenalnya.

“Rei.. kamu ajak Vira melihat-lihat rumah, Mamah sama bi Inah menyiapkan makanan untuk makan siang yah.”

“Ayo Vir.. “

Reihan mengajak Vira berjalan-jalan dan memperlihatkan isi rumah. Vira terhenti disebuah photo besar di tengah ruangan. Sebuah photo keluarga dimana pak Farid ada di sana.

“Ini photo waktu aku masih SMP, lihat aku cakep kan?, ini Papah, yang ini kak Tiara dan itu Mamah, waktu itu kami sangat bahagia, sekarang Papah lebih banyak menghabiskan waktunya dengan tante Rani dan anaknya”.

Vira semakin gemetar. Ketakutannya kini terjadi. Papahnya Reihan suami dari kakaknya. Keringat mulai menetes didahinya.

“Vir… kamu kenapa? Kamu sakit?” Reihan mulai panik.

Segera dibimbingnya Vira dan mengajaknya duduk. Dia segera memanggil Mamahnya. Mamah segera datang.

“Rei tolong kamu ambil air hangat di dapur yah.”

Reihan membalikan tubuhnya untuk mengambil air hangat.

“Tante saya tidak apa-apa.” Vira berdiri dan menjauhi Mamah.

“Vira… saya tahu kamu adiknya Rani, tapi kamu harus merahasiakan ini pada Reihan, bersikaplah biasa dan jangan membuatnya curiga.” Mamah berbisik.

Vira menatap Mamah heran. Mengapa Mamah melakukan ini kepadanya, dan malah memintanya untuk merahasiakan ini dari Reihan.

“Saya mengerti apa yang kamu pikirkan, semua ini saya lakukan untuk kebahagiaan Reihan, saya tidak ingin dia kecewa.” Lanjut mamah.

Reihan kembali dengan segelas air hangat.

“Minum dulu Vir…”

Reihan memberikan air. Vira menerima dan meminumnya.

“Kamu kenapa…?” Reihan terlihat sangat khawatir.

“Aku tidak apa-apa Rei… mungkin capek kemarin aku kuliah sampai malam.” Vira berbohong.

“Aku antar kamu ke dokter  yah.” Reihan menatapnya

“Tidak usah, aku pulang saja.”Jawab Vira.

“Jangan pulang dulu, kita makan sama-sama, Mamah sama bi Inah sudah menyiapkan makanan, masa gak di makan.” Mamah menatap Vira.

“Ya tante… Rei kita makan dulu yah, kasihan mamah sudah capek-capek nyiapin.” Vira mengajak Reihan

“Ya… ayo.”

Mereka berjalan menuju ruang makan. Vira berusaha menyembunyikan perasaannya dan bersikap biasa agar Reihan tidak curiga.Bersambung

Penulis,

Yuningsih

NPA:10111300311

#menulis PGRI ke-26



Komentar

Postingan populer dari blog ini

A. MENGENAL NEGARA-NEGARA ASEAN

SEGITIGA RESTITUSI