MENULIS ITU MENYENANGKAN

 


Menulis sesuatu  dengan tujuan memberikan manfaat bagi orang lain adalah yang di inginkan oleh setiap penulis. Apalagi jika tulisannya menghasilkan pundi-pundi uang. Untuk penulis pemula bisa menghasilkan tulisan saja merupakan kebanggaan tersendiri.

Pemateri ke-19 belajar menulis bersama Omjay kali ini adalah ibu Salamah. Beliau adalah guru SD, baginya Menjadi guru adalahpekerjaan yang menyenangkan. Selain itu beliau juga seorang penulis buku, mentor CPNS dan Psikotes, juga menjabat sebagai ketua bidang, perancang kurikulum dan auditor soal sebuah platform. Sampai saat ini beliau sudah menulis buku sebanyak 34 buku.

Menurut beliau menulis itu hal yang menyenangkan, apalagi menulis cerita atau novel. Kadang seseorang menganggap menulis itu sesuatu yang sulit padahal setiap hari kita sudah menulis, misalnya menulis pesan di whatshap atau menulis di media social lainnya. Untuk masa sekarang, seseorang bisa menulis dimana saja, entah itu handphone, computer atau media social.

Untuk menjadi penulis yang menghasilkan buku yang sifatnya money oriented tentu harus bisa menulis buku yang menarik. buku yang menarik tentu saja buku yang paling dibutuhkan oleh masyarakat. Biasanya buku ini membahas hal yang paling baru yang dibutuhkan masyarakat pada saat ini.

Untuk bisa menulis buku yang menarik dan dibutuhkan oleh masyarakat penulis harus dibekali oleh pengetahuan menulis dan buku referensi dari buku yang akan ditulis tersebut. Selain itu penulis juga harus menyediakan waktu untuk terus berinovasi dalam menulis.

Bagi penulis pemula bisa menghasilkan sebuah buku saja merupakan pencapaian yang luar biasa. Menurut beliau menulis bagi pemula bisa dimulai dari menulis sesuatu yang kita alami. Bentuk tulisannya cerita faksi (fakta tapi Fiksi). Dengan membuat faksi biasanya penulis akan menggunakan semuanya energy untuk menuliskan apa yang dialami dari sudut pandang si penulis.

Setelah tulisan terbentuk, penulis bisa mengirimkannya kepada penerbit. Jika dilihat dari penerbitnya penulis bisa dibedakan menjadi 2 yaitu:

  1. Penulis indi menulis sendiri, mengedit dan diterbitkan dengan biaya sendiri
  2. Penulis mayor menyetorkan naskah ke penerbit, yang mengedit, mencetak dan menerbitkan adalah percetakan dengan perjanjian kita menerima royalty

Untuk menulis sebuah buku, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh seorang penulis pemula antara lain:

  1.  Menentukan ide tulisan dan genrenya apakah berbentu fiksi atau non fiksi
  2. Menentukan tema dari apa yang akan ditulis
  3. Membuat judul tulisan
  4. Membuat lay out
  5. Mencari referensi
  6. Mengisi layout yang sesuai dengan referensi

Menumbuhkan kebiasaan menulis, mulailah apa yang ingin ditulis, kemudian harus tau jenis-jenis paragraph, dari mulai deskripsi, naratip, eksposisi, argumentasi dll. Kemudian dasar-dasar itu yang akan dijadikan tulisan. Pada paragrap narasi itu ada alurnya.

Semangat juga menentukan seseorang untuk menulis. Bagi seorang penulis semangat adalah sesuatu yang harus dimiliki. Dengan membiasakan untuk menulis, seorang penulis akan punya target dari tulisannya. Mulailah untuk menulis, jangan takut gagal atau tulisannya jelek.

Kegagalan dan keberhasilan adalah dua sisi yang selalu berdampingan. Jika gagal teruslah berusaha dan jika sukses tetaplah merunduk kebawah. Jangan pernah putus asa, teruslah berusaha sampai suatu ketika karya itu akan mengejarmu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

A. MENGENAL NEGARA-NEGARA ASEAN

SEGITIGA RESTITUSI