EXSPLORE KEMAMPUAN MENULISMU

 

BukuBuku karya : JAMILA K. BADERAN, M.Pd

 

 

Menulis merupakan hal yang biasa dilakukan. Dari sekolah kita sudah terbiasa untuk menulis. Lalu kemampuan menulis apa yang harus kita eksplore..? Pemateri ke-11 di belajar menulis bersama Omjay adalah seorang penulis yang sudah menerbitkan beberapa buku. Beliau adalah ibu Jamila K. Banderan, M.Pd.

Berbicara menulis, tentu saja bukan menulis yang biasa kita lakukan saat sekolah dulu. Menulis disini tentu menulis yang bisa bermanfaat untuk orang lain, ketika orang senang membaca apa yang sudah kita tulis tentu akan menjadi kebanggaan tersendiri. Lalu bagaimana menulis agar orang lain suka…?

Untuk membuat tulisan yang orang lain suka, butuh kemampuan khusus. Baik dalam bentuk ide tulisan, Jenis tulisan, maupun gambar pada tulisan tersebut. Menulis cerpen misalnya tentu saja harus ada cerita menarik didalamnya, begitu juga menulis komik, selain cerita tentu gambar juga menjadi daya tarik tersendiri.

lalu bagaimana dengan sebuah buku…? Pembaca tentu akan mencari bacaan yang sesuai dengan keinginana dan kebutuhannya. Misalnya seorang pelajar pasti akan mencari buku untuk menunjang kegiatannya di sekolah, seorang ibu rumah pasti akan mencari bacaan yang sesuai dengan pekerjaannya memasak. Seorang guru akan mencari bahan bacaan untuk meningkatkan kemampuannya mengajar.

Untuk membuat tulisan yang disukai dan bermanfaat buat orang lain tentu kita harus memulainya dulu dengan menulis. Setelah ahli dalam menulis baru kita akan bisa menentukan kemampuan menulis apa yang paling dominan pada diri kita,  seseorang akan mengenal kita sebagai penulis dari tulisan yang kita buat, mislnya: penulis novel, artikel, pengetahuan dll.

Dalam memulai tulisan kadang kita sering mengalami kesulitan, bagaimana memulai sebuah tulisan? Ide/topic apa yang akan ditulis? Lalu menarik atau tidak tulisan yang dibuat? Menurut Ibu Jamila  ada 2 hal yang penting yang harus kita ubah saat menulis yaitu:

  1. Mindset yaitu cara berpikir tentang sesuatu yang dapat mempengaruhi sifat dan tindakan kita. Untuk menjadi seorang penulis yang hebat hendaknya selalu berpikir positif. Yakinlah kalau tulisan kita akan memberikan kepuasan tersendiri bagi pembacanya, jangan pernah berpikir tulisan kita jelek bahkan tidak bermanfaat, karena yang akan menilai tulisan kita adalah orang lain.
  2. Passion yaitu sesuatu yang membuat kita tidak penah merasa bosan. Jadikan menulis itu suatu kebutuhan, luangkan waktu untuk menulis apapun yang ingin ditulis, tanpa ada beban, keraguan  dan tuntaskan sampai selesai.

Memulai tulisan tidak perlu hal-hal yang berat, hal ringan yang terjadi disekitar kita bisa kita tulis. Medianya pun juga bisa bermacam-macam bisa dibuku, hp, leptop atau menulis di blog pribadi. Bagi penulis pemula mulailan menulis apa yang ingin kita tulis, jangan berpikir tentang ejaan atau bahasa, menulislah tanpa beban. Sering membaca tulisan orang akan menambah perbendaharaan kata, dan menjadi ide dari sebuah tulisan.

Rasa malas terkadang menjadi kendala tersendiri bagi penulis, luangkanlah waktu walaupun hanya sebentar untuk menulis. Menulislah seperti air mengalir, abaikan penilaian orang tentang tulisan kita, biarkan tulisan tersebut selesai sampai tuntas, Jangan sering menengok halaman yang sudah kita tulis, karena itu merupakan salah satu godaan yang membuat kita berpikir 1.000 kali tentang apa yang sudah kita tulis. kita akan berpikir untuk edit dan edit lagi akhirnya tulisan kita tidak tuntas.

Menulis merupakan suatu tantangan, perjuangkan dengan niat, tekad dan konsisten. Jika mampu menaklukan tantangan tersebut maka sebuah karya akan tercipta. Terlepas dari orang suka atau tidak karya itu sudah terwujud, realitas dari sebuah ekspectasi telah tercipta adapun kesuksesan adalah bonus dari sebuah perjuangan.

 

Penulis,

Yuningsih, S.E

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

A. MENGENAL NEGARA-NEGARA ASEAN

SEGITIGA RESTITUSI