ARTI SEBUAH PERJALANAN

Menikmati udara segar, mengagumi keindahan alam, merasakan kebahagian dan sejenak melupakan rutinitas (Me Time) sepertinya perlu. Entah itu dengan bersantai di rumah, nonton, makan bersama teman, melakukan traveling di alam bebas dan mendokumentasinya sepertinya sesuatu yang layak untuk diagendakan.

Dokumentasi  yang dibuat juga bisa kita bagikan ke sahabat di sosial media, tujuannya  membuat kenangan itu terulang dan memberi sensasi tersendiri yang hanya bisa dirasakan oleh si pembuat kenangan tersebut. Dan orang yang melihat atau membacanya juga turut merasakan hal yang sama walau dalam takaran yang berbeda.

Berbicara tentang kenangan  sebuah perjalanan, pemateri ke-13 belajar menulis bersama Omjay kali ini adalah seorang dosen yang banyak mendokumentasikan hasil perjalanannya dalam bentuk buku. Sudah banyak perjalanan yang beliau lakukan, begitu juga dengan buku yang diterbitkan , beliau adalah Bapak Taufik Hidayat, S.E, S.Si, M.si yang memiliki nama pena TAUFIK UIEKS.

Berawal dari sebuah perjalanan, beliau menuliskan pengalamannya itu di blog. Entah itu dalam bentuk cerita, photo bahkan dalam bentuk artikel. Tujuannya hanya untuk mengenangnya agar tak hilang begitu saja. Namun tak di sangka pengalaman yang ditulisnya justru membawa berkah tersendiri. Beberapa dari catatannya di muat di majalah, koran bahkan menjelma menjadi sebuah buku. Dan sampai kini sudah banyak judul artikel dan buku yang dicetak dari hasil perjalanannya.

Berikut ini beberapa buku yang beliau tulis selama perjalanannya ke beberapa Negara.




Bercerita tentang dokumentasi  tidak jauh dari keindahan  alam, bangunan, tempat sejarah,  bahkan kuliner yang ditemui selama perjalanan. Hal itu pula yang di tulis oleh pak Taufik untuk mendokumentasikan perjalanannya. Dengan mengamati, membuat photo, diskusi wawancara, mencari info dan hal unik yang dirangkum  dalam sebuah tulisan.

Buat saya melakukan perjalanan apalagi ke mancanegara ada baiknya kita mengetahui juga sedikit banyak mengenai budaya,bahasa , kebiasaan dan sejarah tempat yang dituju ..,” ungkap pak Taupik. Berbagi pengalaman dari sebuah perjalanan bagi pak Taupik adalah suatu keharusan.  Selain membuat kenangan itu abadi juga bermanfaat bagi mereka yang ingin melakukan perjalanan dengan tempat yang sama dengannya.  

Pengagum karya-karya dari Leo Tolstoy Ernest Hemingway  dan Pramoedya Anna’ya Toer ini bercerita awal kesuksesannya. Keinginan  untuk selalu maju dan lebih baik dari sebelumnya membuatnya terus berusaha  mewujudkan mimpi-mimpinya. Tidak semua orang mempunyai kesempatan yang sama dalam mewujudkan mimpinya namun tetap berusaha menampilkan yang terbaik, yakinlah mimpi itu pasti terwujud. “ Hidup adalah suatu perjalanaan .. karena itu  kita harus selalu siap akan kejutan kejutan nya yang nikmat”, Lanjut pak Taufik menutup kegiatan belajar menulis bersama Omjay.


Penulis,

Yuningsih, S.E

Komentar

Postingan populer dari blog ini

A. MENGENAL NEGARA-NEGARA ASEAN

SEGITIGA RESTITUSI