MENULIS BERSAMA PENULIS MUDA BERBAKAT NORALIA PURWA YUNITA, M.Pd


 

Muda dan berbakat itulah kata pertama yang terlintas ketika mengikuti pelatihan menulis bersama Omjay, pemateri ke-2 di pelatihan menulis bersama Omjay Noralia Purwa Yunita, M.Pd adalah penulis baru di Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan, salah satu tim admin di website guru penggerak, anggota komunitas koordinator virtual Indonesia (KKVI), anggota Musyawarah Guru Mata Pelajaran Prakarya dan IPA, serta Pembimbing ekstrakurikuler KIR SMP.

Karya yang sudah dibuatnya meliputi bahan ajar Kimia SMA, buku antologi "Menciptakan pola pembelajaran efektif dari rumah", buku seri ekoji academy "Digital Mindset", buku " jurus jitu menulis dan berprestasi", buku antologi " Kisah Inspiratif Sang Guru", dan beberapa artikel yang telah dimuat di media daring dan cetak. Saat ini sedang tahap penyelesaian naskah buku yang kedua untuk seri ekoji academy "gamifikasi, belajar menyenangkan seasyik bermain game", naskah antologi bersama siswa " Belajar dari Covid-19 " dan tahap finishing naskah buku " Kiat praktis menulis modul berbasis riset " yang merupakan pengubahan tesis menjadi buku.

Banyak karya yang beliau buat pada masa pandemi covid-19, baginya masa pandemic covid-19  memberikan  berkah tersendiri, bisa menulis dan menghasilkan  karya merupakan pencapaian ditengah kesibukannya mempersiapkan pembelajaran daring. Bukan tanpa kendala  pembuatan karya di masa pandemic ini, banyak yang harus dipersiapkan, seolah berpacu dengan waktu, menulis baginya adalah penyemangat ditengah kejenuhan dalam pembelajaran daring dimasa covid-19.

Ada 4 kendala yang menurut beliau umum dirasakan oleh setiap penulis yaitu:

1.  Banyak nya kegiatan dalam pembelajaran daring,  dimana pembelajaran ini jauh lebih banyak persiapan daripada tatap muka.

2.    Malas dan jenuh, ini merupakan kendala umum yang dihadapi setiap orang bukan hanya penulis.

3.      Krisis ide, inilah yang menjadi kendala pokok dari seorang penulis.

4.      Takut menulis karena takut salah, rasa tidak percaya diri penyebab kendala ini.

Kendala diatas bisa diatasi oleh setiap penulis, ada kiat penting yang beliau berikan dan menjadi penyemangat untuk saya yaitu: Niat, Paksa dan Mau, Niat untuk menulis harus sudah ada, kemudian paksakan untuk menulis, Tuliskan apa yang dirasakan, pikirkan, dan dilihat.

Tulis hingga selesai semua yang dipikirkan jangan permasalahkan EYD atau kaidah kebahasaan yang lain. Tidak ada yang tidak bisa menulis, menulis sama dengan berbicara. Tuangkan semuanya lewat tulisan. Kesibukan bukan sebuah kendala tapi bagian dari tantangan , Berkarya ketika waktu luang itu biasa, namun berkarya di tengah kesibukan itu baru istimewa.

 

 

Penulis,

 Yuningsih, S.E Guru SMPN 2 Pebayuran, kabupaten Bekasi, lahir di Bekasi 02 Februari 1977, hobi membaca , terjun ke dunia pendidikan karena kecintaannya pada dunia pendidikan, memilih menjadi guru dengan tetap berusaha memberikan yang terbaik agar bemanfaat untuk orang lain.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

A. MENGENAL NEGARA-NEGARA ASEAN

SEGITIGA RESTITUSI