JURUS JITU SUKSES MENULIS ARTIKEL DI KORAN DAN MAJALAH BERSAMA: BPK H.ENCON RAHMAN

Menulis artikel bagi sebagian orang merupakan hal yang sulit, apalagi bisa dimuat di suatu tabloid. Bukan karena menulis itu sulit, tidak biasa dan rasa malas merupakan kendala umum yang sering terjadi. Kekurangan ide bahkan rasa tidak percaya diri juga kerap muncul ketika seseorang mulai menulis. Lalu bagaimanakah jurus jitu untuk sukses menulis artikel agar dimuat di Koran atau majalah? Inilah yang di bahasa pada materi ke-3 di pelatihan menulis bersama Omjay.

H. Encon Rahman beliau mahasiswa jebolan FKIP UNPAS  yang sukses membuat 500 lebih artikel yang dimuat di tabloid lokal dan Nasional, Juara 1 Guru berprestasi tingkat nasional dan penerima penghargaan internasional dari Thailand tahun  2017. Menulis sudah dilakukan beliau sejak duduk dibangku SMP, berawal dari kecintaannya membaca dan  kemampuannya dalam menulis hingga tembus ke berbagai tabloid di tanah air.

Menurut beliau ada 3 Level dalam menulis:

  1. Rendah ( menulis di blog,  membuat buku antologi)
  2. Sedang (menulis buku karya bersama, artikel)
  3. Tinggi (menulis buku solo/Pribadi)

Belia juga memberikan tips menulis agar bisa dimuat di tabloid antara lain:

  1. Sering membaca tabloid
  2. Mengamati hasil dari spesifikasi artikel yang sering dimuat
  3. Kirim tulisan ke Koran lokal terlebih dahulu untuk menghindari persaingan
  4. Istikomah dalam menulis artinya tidak berhenti pada satu tulisan saja
  5. Tahan banting, dimuat atau tidak tetap menulis dan mengirimkannya
  6. Membaca karya orang lain untuk mencari ide dan topic yang sedang hangat dibicarakan
  7. Mengamati dan Menyesuaikan keinginan tabloid
  8. Spesialisasi tulisan artinya memperkenalkan kemampuan paling dominan yang dimiliki misalnya: penulis cerpen, penulis artikel dan lain-lain.

Selain tips diatas beliau juga memaparkan untuk membuat sebuah artikel agar dimuat di suatu  tabloid harus jelas tujuannya,  menguasai judul, menguasai intro, mampu memaparkan dan menutup sebuah tulisan, kemampuan ini harus dilatih dan tidak serta merta muncul begitu saja. Mulailah menulis dari hal kecil,   tuliskan apa  yang dilihat, dirasakan dan di inginkan. Hal kecil apabila ditekuni dan ikhlas dilakukan pasti membuahkan hasil.

 

Penulis,

Yuningsih, S.E

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

A. MENGENAL NEGARA-NEGARA ASEAN

SEGITIGA RESTITUSI