MENERBITKAN BUKU DARI KUMPULAN RESUME HASIL PELATIHAN, MENGAPA TIDAK…? BERSAMA: BRIAN PRASETYAWAN


Buku karya dari Brian Prasetyawan

Menghasilkan sebuah buku merupakan cita-cita dari semua penulis, ada kebanggan dan kepuasan tersendiri jika tulisan itu dibuat menjadi sebuah buku. Lalu tulisan yang seperti apa yang  bisa menjadi sebuah buku..? dan bagaimana tulisan itu bisa jadi sebuah buku..? Materi pelatihan menulis hari ke-4 kali ini membahas tentang pembuatan buku dari hasil resume selama pelatihan pmenulis bersama Omjay,  yang dipandu oleh Brian Setyawan, seorang Blogger muda berbakat sukses menghasilkan buku dari hasil tulisannya.

Pak Brian panggilan akrab beliau berbagi pengalaman bagaimana  bisa  membuat sebuah buku,  Berawal dari hobi,  mulai menulis di blog tahun 2009, setelah cukup lama menulis muncul keinginan untuk menerbitkan buku,  namun karena keterbatasan biaya  (saat itu beliau masih kuliah), mengurungkan niatnya untuk menerbitkan sebuah buku. Semangatnya mulai turun bahkan akhirnya sempet vakum. File naskahnya hanya tersimpan dalam leptop.

Pada tahun 2019 mulai bangkit lagi menulis, secara tidak sengaja menemukan hashtag di Instagram tentang penerbit  Indi. Semangatnya kembali tumbuh untuk menyelesaikan naskah hingga akhirnya pada Oktober 2020, mengirim naskah buku ke salah satu penerbit Indie, Perlu waktu 3 bulan untuk menunggu.  sampai akhirnya pada Januari 2020, buku pertamanya terbit.

Setelah buku pertama terbit, mulai bergabung  dengan grup pelatihan belajar menulis bersama Omjay, Ketika itu memasuki gelombang 4 , berada satu grup dengan guru-guru yang juga suka menulis membuatnya kembali bersemangat . Hingga akhirnya bisa menerbitkan buku solo pada Mei dan Juni 2020.

Resume adalah hal yang wajib dibuat saat mengikuti pelatihan menulis. Resume itu ditulis setelah mendapatkan materi pelatihan, ada sebanyak 20 resume dari 20 pemateri yang harus dikumpulkan, dan dari hasil resume tersebut bisa menulis sebuah buku. Apakah bisa kumpulan resume jadi sebuah buku..? inilah yang dibahas oleh pak Brian pada materi pelatihan ke-4  di pelatihan menulis bersama Omjay.

Pelatihan belajar menulis memberikan kesempatan  untuk menerbitkan buku. Asalkan memenuhi ketentuan/persyaratan dari penerbit. Untuk itu penulis wajib memahami ketentuan tiap penerbit. Untuk menerbitkan buku dari kumpulan resume, Penerbit Gemala memiliki ketentuan yang harus dipenuhi yaitu:

  1. Memiliki 20 tulisan resume digabung dalam satu file microsoft word
  2. Ukuran kertas A5 (14x20cm)
  3. Huruf times new roman, ukuran 12
  4. Spasi 1,5
  5. Margin 2 cm semua
  6. Paragraf rata kiri-kanan (justify)

Naskah yang sudah dibuat dikirim bersama dengan kelengkapan naskah berupa:

  1. cover ( judul buku dan nama penulis saja), kata pengantar, daftar isi (tanpa nomor halaman), profil penulis, sinopsis (3 paragraf. Masing-masing paragraf 3 kalimat)
  2. Urutannya:
    1. Cover
    2. Kata Pengantar
    3. Daftar Isi
    4. Isi naskah
    5. Profil Penulis
  3. Sinopsis

Naskah tulisan resume di kirim bersamaam dengan kelengkapan naskahnya dikumpulkan se dalam satu file dan tidak dipisah-pisah  dan jika naskah sudah siap, silakan kirim ke penerbit, dengan biayanya Rp. 300.000, Penulis akan mendapat fasilitas penerbitan sebagai berikut:

  1. Desain cover
  2. ISBN
  3. Layout
  4. Edit ringan
  5. 2 Buku bukti terbit
  6. E-Sertifikat

Untuk naskah yang akan dikirim, sebaiknya di edit terlebih dahulu. Mengedit  sebaiknya mulai dari  hal-hal kecil seperti typo (salah ketik) dan merapikan susunan paragraph.  Mengedit itu sendiri terdiri dari dua hal sederhana yaitu:

  1. Paragraf jangan berisi terlalu banyak kalimat
  2. Mulailah membiasakan membuat kalimat yang pendek-pendek. Kalimat panjang cenderung akan membingungkan

Naskah yang sudah dikirim akan diterbitkan bukunya kurang lebih 1 bulan setelah pengiriman.  Buku yang dihasilkan pun Kualitasnya sama seperti penerbit pada umumnya, berupa kertas bookpaper 57 gram, jilid lem panas,  Cover : soft cover bahan art carton 260 gms, binding, laminating glossy .

Untuk resume boleh ditambah dari sumber lain,  pada  akhir tulisan harus di tulis daftar pustakanya. Kumpulan puisi juga bisa dibuatkan bukunya dengan format yang sama dengan pengumpulan resume dengan minimal jumlah puisinya adalah 20 puisi.

Kesempatan membuat buku sudah terbuka, tinggal bagaimana seseorang mampu memanfaatkan kesempatan tersebut. Selamat mencoba semoga bermanfaat.


Penulis,

Yuningsih, S.E


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

A. MENGENAL NEGARA-NEGARA ASEAN

SEGITIGA RESTITUSI